Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 12 March 2020

Segernya... !! Cendol Air mata Pengantin khas Padang

Sumbar terkenal akan ragam budaya dan kulinernya yang enak dari mulai rendang yang kelezatannya terkenal ke seluruh dunia. selain rendang sebenarnya masih banyak jenis makanan dan minuman yang wajib anda coba ketika melancong ke Sumatera Barat. salah satu minunam khas dan Seger adalah Es Cendol Air Mata Pengantin, pedagang es cendol ini jarang bisa ditemui jika bukan Bulan Ramadhan seperti sekarang ini. 



minuman ini biasanya banyak menjamur pada saat bulan ramadhan sebagai menu andalan untuk takjil; atau buka puasa yang biasa mulai berjualan pada sore hari sampai malam atau menjelang sholat tarawih. 

Bila dilihat dari sejarahnya, minuman bercita rasa lezat nan menyegarkan di tenggorokan ini merupakan hasil perpaduan antara masakan India dengan masakan Padang. Nama air mata pengantin diberikan, karena cendolnya yang terbuat dari agar-agar dan biji selasih ini berbentuk lurus memanjang dan untaiannya berbentuk seperti tetesan air mata. 
Bila Anda ingin juga merasakan kesegaran dari Es Cendol Air Mata Pengantin, tapi tidak harus pergi ke Padang, Anda juga bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan proses pembuatannya pun mudah. Mau tahu apa resepnya? Berikut ulasan lengkapnya :

Bahan :
Agar-agar warna putih
600 ml air
100 gram gula
Bahan pewarna kuning,hijau dan merah
15 gram biji selasih
175 ml sirup coco pandan
Es yang di serut

Cara membuat :
1. Rebuslah gula bersama agar-agar sampai mendidih dan bagi beberapa  bagian.
2. Campurkanlah pewarna pada cairan agar-agar tersebut dan masukan ke dalam mesin pendingin,  Setelah itu serut memanjang.
3. Masukan agar-agar tersebut bersama biji selasih dan sirup.
4. Tambahkan es serut dan sajikan.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages