Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Saturday 1 February 2020

Penyebutan Ikan Mas dalam bahasa Minang yang ternyata memiliki 2 macam, apa saja itu ?

Ikan mas adalah ikan air tawar yang tidak asing di telinga kita dan bahkan anak kecil pun mengetahui sama jenis ikan yang satu ini, ada banyak penyebutan untuk nama ikan yang satu ini  misalnya di sunda ada juga menyebut sama "lauk rening" dan ada juga yang menyebut dengan nama "lauk emas".  

Sama halnya dengan daerah lain di Padang juga ada penyebutan nama untuk jenis ikan yang satu ini apa saja, simak artikel berikut ini.

1. Ikan Rayo

Ikan Rayo

Ikan rajo atau dalam bahasa Indonesianya berarti ikan raya adalah ikan mas yang berwarna selain yang berwarna emas atau kuning, misalnya ikan berwarna hijau, putih dan lainnya. saya tidak tahu pasti kenapa dinamakan dengan ikan rayo tapi yang jelas masyarakat minang menyebut ikan mas yang berwana selain warna kekuningan disebut dengan ikan rayo.


2. Ikan Ameh

Ikan Ameh

Ikan ameh atau dalam Bahasa Indonesia itu Ikan mas yang berwarna kekuningan atau agak kemerahan. kenapa disebut ikan ameh mungkin karena warnanya sekilas mirip dengan warna perhiasan emas yang berwarna agak kekuningan.

Beragam penyebutan ikan mas dalam bahasa Minang tidak terlepas dari budaya dan bahasa minang sendiri. tapi keberadaan Ikan mas di Padang atau daerah lainnya agak susah ditemui karena masyarakat minang tidak menyukai ikan air selain harganya yang juga lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan air laut yang keberadaanya sangat melimpah dengan harga yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan harga ikan air tawar. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages