Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 13 January 2020

Urang Sumando Pasumandan, Ipa – Bisan dalam sistem kekerabatan orang Minangkabau

urang Sumando atau menantu Laki-laki, Pasumandan atau menantu Perempuan, Ipa adalah Ipar dan Bisan berarti Besan kalau dalam bahasa Indonesia, hubungan kekerabatan ini terjadi karena adanya 
pernikahan. 




Jika kamu seorang laki-laki maka setelah menikah kamu akan tinggal di rumah istri kamu atau tinggal di lingkungan atau kampung istri kamu. Ini yang lazim terjadi di Minangkabau.

Nah, posisi kamu ini adalah urang sumando atau disebut Sumando di rumah istri kamu atau di lingkungan keluarga kamu. Bagaimana posisi kamu sebagai urang sumando.
Dalam pepatah minang lama posisi sumando digambarkan sebagai abu di ateh tunggua (abu di atas tunggul). Artinya posisi kamu di keluarga istri kamu sangatlah lemah, bahkan kamu tidak mengambil keputusan penting di keluarga istri kamu. Layaknya abu di atas tunggul sangatlah lemah, ketika ada angin terbawa terbang, ketika ada air tersapu.
Tapi meskipun lemah sebagai Sumando kamu adalah seorang tamu di keluarga istri. Jadi kamu akan sangat dihormati. Keluarga istri akan memanggil gelarmu, mereka tidak boleh memanggil namamu secara langsung.
Nah, jika kamu seorang perempuan maka kamu disebut Pasumandan oleh keluarga suami kamu. Kedudukan kamu sama dengan istri-istri dari saudara laki-laki dari suami kamu.
Saudara perempuan dari istri oleh suami disebut sebagai ipa (ipar). Sedangkan saudara laki-laki dari istri oleh suami disebut sebagai Mamak Rumah. Sementara itu hubungan timbal balik antara pihak perempuan di keluarga suami dan pihak perempuan di keluarga istri disebut bisan.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages