Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 13 January 2020

Minantu dan Mintuo dalam sistem Kekerabatan Minangkabau

Minantu dan Mintuo kalau dalam bahasa Indonesia berarti adalah menantu dan mertua, Hubungan antara minantu dan mintuo terjadi karena adanya pernikahan. Kamu adalah minantu bagi orang tua istri kamu, begitu juga istri kamu juga adalah minantu bagi kedua orang tua kamu.



Tapi mengenai hubungan, hubungan seorang lelaki dengan mintuonya lebih erat. Hal ini dikarenakan lelaki sebagai suami di minangkabau tinggal di rumah istrinya atau di lingkungan keluarga istrinya.
Tapi dari segi tanggung jawab, seorang perempuan dengan mintuonyo jauh lebih berat. Seorang perempuan atau istri bertanggung jawab dalam menjaga hubungan antara dua keluarga dan menjalin silaturrahmi.
Untuk itulah ada pada hari tertentu atau pada hari-hari besar seorang istri ‘maanta’ ke rumah mintuo. Misalnya pada bulan ramadhan atau pada hari-hari besar islam.jadi misalkan seorang mertua nanti membeli daging sapi untuk rendang dan di kasihkan ke mertua perempuan untuk di masakin rendang, nanti rendang yang sudah jadi di kasihkan ke pihak mertua oleh menantu tadi. makanya hubungan menantu perempuan dan mertuanya itu biasanya sangat erat meskipun beda suku kalau dari segi kekerabatannya. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages