Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 11 December 2019

Uniknya!! Beruk pemetik buah kelapa di pariaman sumatera barat

Jika kita berbicara mengenai Indonesia tentu akan banyak menemukan hal menarik di setiap daerahnya tak terkecuali kota pariaman, Sumatera barat. Didaerah ini selain batiah dan kripik talasnya yang enak, 



Di kota ini kita bisa dengan mudah melihat beruk pemanjat dan pemetik buah kelapa Ya, beruk beruk disini dilatih oleh seorang pawangnya agar bisa memanjat dan pohon kelapa dan hanya memetik kelapa yang tua nya aja. Butuh proses yang lama agar beruk bisa dengan pintar dan telaten memetik buah kelapa. Seekor beruk dewasa dan sudah terlatih bisa memetik sampai 1500 butir kelapa dalam sehari. 




Eiitz, tunggu dulu untuk mencapai hal tersebut perlu sekolah dan latihan si beruk agar pintar. Dibutuhkan waktu sekitar 6 bulan sampai 1 tahun agar beruk bisa terampil memetik buah kelapa. Dan tahapan-tahapan pelatihan yang harus dilalalui si beruk.



Pertama beruk diperkenalkan pada pohon dan buah kelapa setiap hari dengan latihan memetik kelapa, pada tahap awal pelatihannya. Ikat kelapa dua buah dan letakan diatas pohon dengan menggunakan serabut kelapa dan tidak terlalu kencang supaya gampang jatuh, kemudian beri aba aba atau suruh si beruk untuk menjatuhkan buah kelapa tersebut, jika sudah berhasil tahap pertama sukses, kemudian lanjut tahap kedua dengan teknik yang sama sama tapi di ikat dengan kuat supaya tidak gampang jatuh, jika sudah berhasil masuk tahap ketiga, tahap ketika biasanya media bjkan di sembarang pohon tapi di pohon kelapanya langsung. Dengan mengikat buah kelapa di tengah pohon dan suruh si beruk melakukannya. Jika sudah berhasil selanjutnya latihan di pohon kelapanya langsung sampai terlaltih.




Tidak semua beruk dapat dilatih dengan mudah.  Beruk yang masih muda umur 2 sampai 3 tahun karena pada usia ini beruk bisa dengan mudah dilatih,  selain latihan berat untuk si beruk. Biasanya san pawang memberikan telur ayam kampung dan madu untuk menambah stamina si beruk agar sanggup melakukannya dengan baik.

Beruk bisa di dapatkan di berbagai pasar di pariaman dan biasanya sang pawang membeli beruk untuk dilatihnya dengan harga bervariasi mulai harga 400 ribu sampai jutaan rupiah, untuk beruk yang sudah mahir memetik kelapa bisa di jual sampai 10 juta rupiah.



Tapi sekarang ini tidak hanya di pariaman yang banyak menggunakan si beruk untuk memetik buah kelapa tapi di berbagai kabupaten di sumatera barat banyak menggunakannya contoh di kabupaten Tanah.

Di kota pariaman banyak orang yang menjadikan pawang beruk pemetik kelapa sebagai profesinya, dengan profesi tersebut banyak orang yang sukses dan berhasil menyekolahkan anaknya. Karena dipariaman dan daerah sekitarnya banyak pohon kelapa yang sangat melimpah Upah yang di berikan kepawang bervariasi ada yang berbentuk buah kelapa atau bisa juga berbentuk uang.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages