Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 17 December 2019

Unik Cara Minum kopi di Ranah Minang

Kalau bicara bumi minangkabau hampir tiada habisnya untuk diceritakan dalam blog yang sederhana ini. Selain masakan dan minumannya yang memiliki keunikan tersendiri dengan daerah lainnya salah satunya cara minum kopi di ranah minang. 



Menurut sebuah artikel yang saya baca kebiasaan minum kopi di ranah minang sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum dipulau lain di Indonesia memulainya, mereka bisa minum kopi sampai 3 sampai 4 gelas dalam sehari. 

Kopi yang disukai baru baru ini Ice Coffee dengan makanan yang berat tapi tidak sedikit pula yang menyukai menyeduh kopi dengan air panas. 

Khusus untuk menyeduhnya dengan air panas, seduhan kopinya bisa dicampaur teluar dan susu atau disebut dengan kopi talua. Cara penyajian biasanya gelas yang berisi kopi panas tadi diatas piring kecil atau masyarakat sempat disebut dengan Cipi. 

Berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang meminum gelas yang langsung dari gelasnya tapi untuk masyarkat minangkabau biasany kopi tadi di tuangkan terlebih dahulu kedalam Cipi tadi baru diminum. 

Bahkan jika diperantauan dan orang minang bergabung dengan suku lainnya di Indonesia bisa di cirikan dengan cara meminum kopinya tersebut yang diseduh dulu ke Cipi tanpa langsung meminum dari gelasnya. Selain dari bahasa yang digunakan mereka tentunya. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages