Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 23 December 2019

Sekotang Khas Padang yang cocok di minum pada cuaca dingin

Minuman ini mirip bandrek, karena menggunakan air jahe, gula, dan susu kental manis. Namun bedanya, kalau  sekotang memakai cemilan, sedangkan bandrek hanya air jahe, gula, dan susu. Cemilannya terdiri dari potongan roti tawar kecil-kecil persegi, kacang tanah sangrai, kacang hijau yang sudah direbus, dan sagu mutiara.

Salah satu minuman sekotang yang enak ada di Jalan Imam Bonjol, depan Balai Kota Padang. Dijual dengan gerobak di trotoar dari sore hingga tengah malam. Minuman ini paling  pas dinikmati saat hujan turun dan udara dingin, karena bisa menghangatkan badan.

Rahmat Hidayat, penjual Sekotang di Jalan Imam Bonjol amat cekatang meramu semangkuk sekotang. Ia mencampur beberapa potong roti tawar, sesendok kacang tanah, kacang hijau, dan sagu mutiara, serta cairan gula dan susu kental manis.
Campuran ini lalu diguyuri air jahe panas yang telah dicampur daun pandan. Pedas jahe terasa di tenggorokan.
Cemilan sekotang juga terasa pas, perpaduan kacang tanah sangrai yang garing serta kacang hijau yang masih bulat dan masih bisa dikunyah serta sagu mutiara. Kacang tanahnya garing karena disangrai dengan pasir.
“Bila ingin tambah tenaga, biasanya pakai  kuning telur ayam, namanya jahe telur, namun cemilannya tetap sama, kacang tanah, roti tawar, dan sagu mutiara,” kata Rahmat.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages