Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday 12 December 2019

Rendang Menjadi Makanan Terenak di Dunia

Rendang atau randang  adalah masakan daging dengan bumbu rempah-rempah yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang menggunakan santan sampai kuahnya kering sama sekali. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan hingga berminggu-minggu. Rendang yang dimasak dalam waktu yang lebih singkat dan santannya belum mengering disebut kalio, berwarna cokelat terang keemasan.


Rendang dapat dijumpai di Rumah Makan Padang di seluruh dunia. Masakan ini populer di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya, 
seperti MalaysiaSingapuraBruneiFilipina dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajikan di berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau, teknik memasak serta pilihan dan penggunaan bumbu rendang berbeda-berda menurut daerah.
Pada 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International.Pada 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia. 



Nah, bagi Anda yang ingin menyajikan rendang untuk Lebaran nanti, melalui chanel Youtube Kuliner Indonesia Kaya, Jodi Onsu bersama Astrid Enricka Acmi berbagi resep dan cara memasak rendang khas Minang yang enak. Lewat video masak kali ini mereka juga berbagi tips memilih daging dan kiat memasak.
Bahan-bahan utama :
1 kg daging sapi (pilih daging sapi tanpa urat agar tekstur daging rendang lebih empuk)
2250 cc santan kelapa (pilihlah kelapa tua agar rasa rendang lebih gurih dan creamy)
Bumbu-bumbu dasar :
225 gram bawang merah

12 gram bawang putih

250 gram cabai merah keriting (haluskan dengan diulek atau blender)

2 lembar daun kunyit
40 gram lengkuas
28 gram jahe
2 gram asam kandis
4 batang serai dimemarkan
40 gram lengkuas
28 gram jahe
Garam, secukupnya
(Catatan penting untuk diketahui transformasi warnanya, warna pertama adalah orange, kemudian akan berubah menjadi agak tua, makin tua, kecoklatan, coklat muda, coklat tua, berarti sudah jadi rendang. Tetapi bisa dibuat lebih hitam jika ingin rendang kering).


Cara memasak :
1. Blender bawang merang, bawang putih, dan cabai hingga halus.
2. Tuangkan semua bumbu ke dalam wadah dan langsung masukan juga 2250 cc santan murni.
3. Aduk rata hingga berubah warna menjadi orange sambil terus dimasak.
4. Masukkan 2 lembar daun kunyit yang diikat simpul.
5. Masukan 10 lembar daun jeruk.
6. Aduk terus sampai kental, terpenting aduk bagian bawah dan pinggir agar tidak hangus. Lalu masukkan garam dan merica secukupnya. (Jangan masukkan garam banyak-banyak walau rasanya belum asin, karena memang bumbunya belum meresap).
7. Masukkan 1 kg daging sapi tanpa urat.
8. Setelah tiga jam, tahap pertama selesai. Jadilah kalio sapi dengan warna bumbu kekuningan, tekstur bumbu lebih kental, dan keluar minyaknya.
9. Lanjutkan ke tahap kedua agar menjadi rendang. Masak lagi sambil diaduk, hingga warna menjadi coklat tua.
10. Rendang siap dihidangkan.
Onde mande, enaknyo Rendang khas Minang rasa original yang empuk dengan bumbu begitu meresap ini. Sangat cocok dijadikan hidangan spesial untuk Idul Adha. Langsung cobain resepnya moms.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages