Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 8 December 2019

Pasar pagi pasie nan tigo padang surganya ikan laut.

Pasie nan tigo adalah salah satu desa dari kecamatan Koto Tangah kota padang yang memiliki garis pantai yang panjang, maka tak heran jika masayaraktnya sebagaian besar sebagai Nelayan. Karena sebagian besar masyarakatnya sebagai nelayan maka ikan laut yang didapatkan pun sangat melimpah.


Pasar pagi nan tigo menjadi tempat jual beli ikan dari nelayan kepada pedagang pasar yang menjual ikan seperti di pasar pagi pasie nan tigo itu sendiri, pasar lubuk buaya dan pasar-pasar lain disekitarnya.  Dan tak lupa juga kepada masyarakat umum.



Harga ikan yang ditawarkan di pasar pagi pasie nan tigo ini cukup beragam tergantung ukuran, jenis ikan dan kelangkaan ikannya sendiri. Cara menjual ikan di Sumatera Barat atau kota Padang ini cukup menarik karena mereka menjualnya dengan cara di onggok-onggok didepan sebuah meja dan jarang menjualnya dengan cara di timbang, meskipun ada untuk beberapa jenis ikan yang di timbang. Untuk ukuran yang besar biasanya mereka menjualnya perekor atau dengan cara dionggok untuk ukuran ikannya yang ga terlalu besar misalnya satu onggoknya ada yang dua ekor, tiga ekor atau lebih tergantung ukurannya, 


Adapun harga jual ikan satu onggok nya beragam juga tergantung ukuran ikannya, untuk ikan bada atau ikan teri misalnya satu onggoknya rata-rata para pedagang menjualnya Rp. 10.000,- ( sepuluh ribu rupiah ). Untuk ikan lainnya ada yang Rp 15.000,- ( lima belas ribu rupiah ). Untuk ikan kakap dan ikan kerapu, udang dan lainnya biasanya dijual dengan kiloan atau pake timbangan.


Karena harganya relatif ekonomis ditambah dengan masyarakat padang yang sangat suka dengan ikan laut untuk dibuat berbagai jenis masakan seperti ikan bakar, gulai ikan, asam padeh. Pange ikan dan sebagainya. Pasar pagi pasie nan tigo ini tidak ada matinya.


Pasar pagi pasie nan tigo ini puncak atau hari pasarnya adalah hari sabtu dan minggu, meskipun hari-hari lainya juga ada tapi ga begitu ramai dibandingkan dengan hari sabtu dan minggu. Adapaun pada pengunjung pasar pasie nan tigo ini ada yang dari warga desa  pasie nan tigo itu sendiri, desa sebelahnya seperti desa lubuk gading VI, desa lubuk buaya dan desa sekitarnya.

Jadi untuk sobat yang berapa di area padang atau yang ingin berwisata ke kota padang tidak ada salahnya mengunjungi pasar pagi pasie nan tigo ini yang berada di kecamatan koto tangah padang terutama untuk yang suka ikan laut. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages