Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Tuesday 24 December 2019

Lopis Ketan Hitam, Jajanan Khas Tradisional di Padang

Bentuknya yang segitiga terbuat dari beras ketan putih dan hitam serta dibaluti parutan kelapa, akan membuat seseorang penasaran bagaimana rasa dari ketan yang dirasakan berbentuk segitiga tersebut.


Tapi, meski telah dimasak, ketan yang berbentuk segita yang disebut lopis itu belum bisa untuk dicicipi. Karena, ada tambahan bumbu yang dianggap memiliki peran utama dalam rasa lopis.
Bumbu itu, bukanlah bumbu dapur seperti membuat sambal. Akan tetapi bumbu dimaksud ialah gula merah. Untuk menikmati lopis itu, perlu adanya gula merah yang dicairkan. Setelah adanya gula merah yang dicairkan lalu dituangkan ke dalam piring yang sudah lopisnya.
Kalau sudah dituangkan gula merahnya, sangat disarankan memakan lopis menggunakan sendok yang berukuran kecil, sebab untuk mendapatkan rasa yang pas, semakin kecil potongan lopisnya, maka rasa lopis dicampur gula merah akan semakin lezat.
Untuk membuat lopis tidaklah terlalu rumit, Tati seorang ibu rumah tangga menjelaskan, untuk membuat lopis hanya perlu menyediakan beras ketan dan parutan kelapa serta gula merah. Merebus beras ketan menggunakan daun pisang yang telah dirajut berbentuk segitiga.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages