Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 4 March 2020

Telur Unggas yang dijual satuan di Sumatera Barat

Telur unggas adalah satu kebutuhan yang tidak dipisahkan dalam kehidupan sehari hari, makanan yang kaya akan kandungan gizi ini sangat banyak ditemukan baik dipasar tradisional atau modern banyak yang menjual telur unggas ini, telur unggas terdiri dari telur ayam negeri, telur ayam kampung, telur bebek dan telur puyuh. 



telur ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan dimulai dari cara masak yang termudah sampai cara masak yang tersulit, selain itu telur bisa dimasukan ke berbagai jenis masakan sebagai campurannya atau bisa  sebagai campuran dalam membuat kue. 



diberbagai daerah di Indnesia bahkan diluar negeri banyak yang menjual telur unggas ini dimulai dari telur ayam kampung dan lain sebagainya. di Sumatera barat juga banyak ditemukan penjual telur unggas ii dari mulai pasar tradisional sampai pasar modern, tapi ada salah satu hal yang unik menurut pengmatan saya, dimana penjual telur di Sumatera barat ini dijual satuan atau perbutir baik ditingkat grosir ataupun pengecer. jika didaerah lainnya seperti di jawa cara dijual satuan jika menjualnya kurang dari 4 butir atau kurang lebih 1/4 kg. tetapi di Sumatera Barat ini mau beli 100 butir aja tetap dijual perbutir kecuali untuk telur puyuh biasanya di jual per plastik mika dengan isi kurang lebih 20 buah di tingkat pengecer dengan harga Rp 6000 rupiah perpack nya. 

Harga telur ini beragam, untuk lebih jelasnya mari kita uraikan satu persatu. 

Telur Ayam Negeri

untuk telur ayam negeri dijual dengan harga beragam dimulai dari harga Rp1.200 - Rp1.600 rupiah perbutirnya tergantung ukurannya biasanya semakin gede ukurannya semakin mahal juga harga perbutirnya, jika di rata-rata 1 kg telur ayam yang berisi 16 butir maka dalam 1 kg telur ayam yang harganya 1500 berarti sekitar harganya Rp 24.000, 

Telur Ayam Kampung

untuk telur ayam kampung harga jualnya tidak beda jauh dengan harga telur bebek yaitu sekitar Rp 2.000 sampai Rp 2.500 perbutirnya, untuk jumlah telur ayam kampung dipasaran jumlahnya relatif sedikit dengan telur ayam negeri. 

Telur Bebek

Telur bebek juga banyak dijual di Sumatera barat dengan harga berkisar antara Rp 2.000 sampai Rp 2.500 rupiah perbutirnya. 

Telur Puyuh

untuk telur puyuh biasaya tidak dijual perbutir mungkin karena ukurannya yang sangat jadi agak sulit untuk menaksir harga perbutirnya jadi dijual per pack plastik mika dengan isi kurang lebih 20 buah dengan harga Rp 6.000 rupiah ditingkat pengecer, jika di konversi kedalam satuaan kilogram yang rata rata 1 Kg telur puyuh berisi 90 butir maka sekitar Rp 27000/kg lebih murah jika diandingkan dengan di Jawa tengah dengan harga sekitar Rp 36.000/ kg

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages