Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 23 March 2020

Jenis Ikan Air Tawar Yang Biasa Di Jual Di Pasar Ikan Kota Padang

Sumbar dengan garis pantai yang panjang maka tak heran memiliki jenis ikan tangkap ikan laut yang populer dan sudah dibahas untuk nama dan jenisnya pada postingan sebelumnya meskipun sepenuhnya lengkap seperti ikan tuna, ikan kakap dan ikan lainnya. 

Hal ini berbanding terbalik dengan jenis ikan air tawar yang biasa dijual di pasar ikannya hanya terlihat satu dua yang menjualnya dengan jenis ikan air tawar yang dijualnya juga. Dari pengamatan penulis ternyata penduduk kota padang kurang menyukai ikan air tawar dibandingkan ikan air laut disamping itu ikan air tawar relatif lebih mahal mungkin karena tidak banyak permintaan dan pembudidaya ikan air tawar ini. 

Dalam penjualan ikan air tawar ini biasanya menyediakan kotak kaca yang berisi air kemudian ikannya dimasukin didalamnya dalam keadaan hidup untuk menjaga kesegarannya.

Daripada penasaran berikut adalah jenis jenis ikan air tawar yang dijual dipasar ikan kota padang. 

1. Ikan Mas

Dalam bahasa Minang ikan mas ini ada dua macam penyebutan yaitu ikan ameh dan ikan rayo. Ternyata perbedaanya cuma terletak pada warnanya aja. Untuk harga jual ikan mas ini satu kilogram dijual dengan harga rata-rata Rp 40.000 . 

2. Ikan gabus

Ikan yang kaya akan protein dan vitamin ini ternyata banyak dijual dipasar tradisional kota padang biasanya dijual dalam keadaan hidup jadi dijamin kesegarannya. Dijual dengan harga rata- rata Rp 30.000 rupiah. 

3. Ikan Nila

Ikan yang terkenal banyak durinya ini cukup familiar di rumah makan padang seperti ikan nila bakar atau ikan nila goreng dan tentunya memkai bumbu ala padang.

4. Belut

Hewan yang memiliki bentuk seperti ular dan licin ini ternyata ada yang jual dipasar ikannya dalam keadaan hidup dengan harga yang cukup mahal yaitu sekitar Rp 60.000 rupiah per Kg

5. Ikan Patin

selain ikan Emas ternyata ada juga ikan patin yang dijual di pasar ikan dalam keadaan hidup dengan harga Rp 30.000 per Kg.

6. Ikan Lele

Ikan yang terkenal akan patilnya ini banyak dijual dipasar ikan tradisional dan banyak disajikan di rumah makan padang baik lele goreng ataupun lele bakar.

7. Ikan Betok

Ikan ini tidak familiar di pulau jawa ikan ini cukup familiar di pulau sumatera atau mungkin daerah lainnya seperti palembang dan padang.

8. Ikan bawal

Ikan bawal ini jarang dijual dipasar ikan kota padang tapi keberadaanya cukup langka.

Nah ! Itulah beberapa jenis ikan yang biasa dijual dipasar ikan Kota Padang

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages