Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 3 January 2020

Sate Danguang-Danguang Sate Khas Payakumbuh


Satu lagi sate yang berasal dari ranah minang namanya Sate Danguang-danguang. sekilas sate ini mirip dengan sate padang lainnya. tapi tentunya ada sedikit perbedaan dari rasa, warna dan cara penyajiannya. Meski sama-sama menggunakan daging sapi dan daging ayam,dan sama-sama di panggang diatas bara tempurung kelapa dan di oleskan dengan minyak dari lemak, akan tetapi bumbu yang di racik untuk kuahnya sangatlah berbeda.



Jika pada umumnya anda biasa melihat sate padang yang di siram dengan kuah yang berwarna merah dan kental, serta rasanya yang cukup tajam, berbeda dengan sate yang berasal dari Payakumbuh yang disiram dengan yang berwarna kuning agaj menghijau dan sedikit kental. Rasa yang di hasilkan oleh bumbu yang disiramkan ke sate danguang danguang lebih ringan di bandingkan dengan sate padang yang sedikit agak keras.

Perbedaan lainnya sate danguang-danguang biasanya di kasih santan pada kuahnya sedangkan satu Padang tidak dikasih kasih santan

,Dalam penyajiannya sate danguang-danguang berbeda dengan penyajian sate Padang lainnya. Sate danguang-danguang biasanya tidak disajikan dalam Porsi lengkap sama ketupat tapu disajikan terpisah. Biasanya penjual sate danguang-danguang disajikan dalam sepiring penuh berisi kira-kira 40 tusuk sate dan ketupat sama kuahnya juga dipisahkan. Berbeda sama sate padang lainnya dalam penyajiannya biasanya dalam satu piring dialasi daun pisang kemudian potongan ketupat, dan kuahnya sekaligus. Kalau sate danguang-danguang pennyajian terpisah. Kita bisa mengambil satenya sesuai selera dan pambali boleh menambah ketupat dan kuahnya,



Sate danguang-danguang biasanya disajikan dalam benntuk hangat-hangat karena rasanya lebih enak dari pada kalau sudah dingin kuahnya.


loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages