Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday 16 December 2019

Onde-Onde Minang Berbeda Sama Onde Onde Jawa

Onde – onde adalah kuliner Sumatera Barat yang banyak disukai masyarakat Minangkabau  bahkan onde- onde ini dijadikan makanan yang pokok apabila ada kegiatan adat di Sumatera  Barat seperti saat kegiatan Manjalang Mintuo dan acara Sukuran, makanan Onde-onde ini harus dibuat  atau tersedia  pada acara  tersebut.
onde onde padang
Mengapa  Onde – onde  diberi nama Onde -onde?
Menurut cerita orang tua terdahulu saat  makanan  ini belum dinamakan Onde-onde , sejarah nya begini ada seseorang  memakan  makanan tersebut, kemudian tampa disadarinya saat  memakannya atau menggigit terpencet gula  yang ada di dalam onde onde  tersebut sehingga  mengenai baju sipemakan , sehingga mengotori bajunya , dengan mengeluarkan kata ” Onde ” Kanai Baju dek Gulo sambil berteriak, maka sejak  peristiwa ini maka Onde-onde diberi nama Onde-onde.

Onde- Onde makanan yang berbentuk bulat dengan ukuran sama besar dengan Bola Pingpong yang terbuat dari tepung beras ketan campur  tepung beras yang warnanya hijau pandan dari air daun pandan (daun suji) yang dihaluskan yang  ditengahnya berisi gula aren atau Gula Enau dan diluarnya digelumuri kelapa yang diparut. Untuk membuat onde-ondedengan cita rasa tinggi, kita hanya perlu mempersiapkan sejumlah bahan dasar. Bahan dasar yang dimaksud seperti tepung ketan, pewarna hijau dari daun pandan, parutan kelapa, kapur sirih, gula pasir, garam dan gula merah.
Tekstur dari onde-onde Minangkabau ini sedikit kenyal dan lembut, bikin kita ketagihan. Sebenarnya Onde-onde khas minangkabau ini sama seperti klepon di jawa, namun bentuk dan tekstur  onde-onde padang atau minangkabau adalah yang paling lembut dan empuk. Onde- onde banyak dijual masyarakat Sumatera Barat pada bulan suci Ramadhan terutama pada pasar pabukoan.
onde onde jawa
sedangkan onde onde jawa biasanya berwarna cokelat dengan bagian Luar menempel biji Wijen, sedangkan onde one minangkabau berwarna hijau dengan taburan kelapa parut di bagian luar dengan isian gula merah didalamnya. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages