Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday 11 December 2019

Budaya Menyambut Tamu "Kunyalah Siriah" di Minangkabau

Bagi masyarakat di Sumatera Barat, tamu yang datang dalam suatu kegiatan atau upacara adat, tidak hanya disambut dengan senyum sapa yang ramah, tetapi di Minangkabau memiliki cara yang sudah menjadi budaya, yakni dengan siriah (sirih) yang dihidangkan dalam carano.

Di dalam carano sendiri merupakan wadah yang diisi dengan kelengkapan sirih, pinang, gambir, dan kapur sirih, serta dulamak atau kain penutup. Namun, tidak lah satu persatu tamu yang disambut dengan carano yang berisikan sirih. Pengamat Seni dan Budaya di Sumatera Barat B. Andoeska menjelaskan, penyambutan tamu yang dimaksud ialah tamu yang dituakan atau yang dihormati.
Seperti di Minangkabau, orang yang dituakan atau yang dihormati itu seperti datuak, niniak mamak, beserta pimpinan daerah. Makna dari menyambut tamu terhormat dengan siriah, melambangkan sebuah hubungan persaudaraan, dari yang menyambut kepada orang yang disambut.
Ia menjelaskan, ada empat unsur di dalam carano siriah langkok itu yaitu, daun siriah warnanyo hijau rasonya padeh,  kaduo buah pinang warnanyo kuniang rasonyo kalek, nan katigo Gambia warnanyo coklat rasonyo paik, lalu nan ka ampek nyo sadah warnanyo putiah rasonyo masin. [Daun sirih warnanya hijau rasanya pedas, kedua buah pinang warnanya kuning rasanya kelat/sepat, yang ketiga Gambir warnanya coklar rasanya pahit, kemudian yang keempat sadah warnanya putih rasanya asin]
“Dulu, ketika dalam sebuah Rumah Gadang. Sebelum niniak mamak memasuki Rumah Gadang karena ada suatu musyawarah, bundo kanduang harus menyambut niniak mamak dengan siriah, pertanda menghormati orang yang dituakan di dalam kaum datang,” katanya, Minggu (10/9/2017).
Namun, seiring berkembangnya zaman, ada terjadi penambahan cara menyambut tamu yang dihormati, yakni ada tarian persembahan. Bahkan, hal itu juga telah dilakukan di dalam acara pernikahan, dan acara lainnya.
Menurut Mak Etek, panggilan populer B. Andoeska, alasan yang membuat siriah dianggap menjadi tanda menyambut tamu, karena siriah adalah lambang persaudaraan atau kebersamaan. Selain itu juga melambangkan basa-basi yang memperlihatkan sebuah kesederhanaan.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages