Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Friday 13 March 2020

Buah Rambai, Buah Lokal Mirip Dukuh Yang Keberadaanya Sudah Langka


Indonesia dengan khazanah nusantara dan terkenal akan kekayaan alam dan baharinya menyimpan berbagai jenis buah lokal yang beragam dari wilayah barat Indonesia sampai wilayah timur Indonesia setiap daerahnya memiliki buah lokal unik dan punya cita rasa yang beragam seperti buah matoa yang tumbuh subur di Papua tapi kini keberadaanya sudah menyebar ke berbagai Indonesia karena banyak orang yang melakukakan pembibitan.


Seperti halnya Sumbar yang memiliki dua jenis Buah lokal yaitu buah rambai yang dalamnya putih dan buah jambu Jambak, selain itu mungkin ada buah lokal lain yang penulis belum ketahui. Sebenarnya buah rambai ini  tersebar di pulau sumatera dan pulau jawa, tapi yang membuat berbeda rambai di Pulau Sumatera salah satunya padang yaitu dalamnya berwarna putih dan rasanya manis meskipun masih ada sedikit kecutnya jika dibandingkan dengan buah Dukuh atau Lansek.


Hal ini berbeda dengan yang ada di Jawa yang biasanya dalamnya berwarna merah dan rasanya Kecut, tapi sayangnya  keberadaan pohon Rambai dihutan keberdaanya sudah jarang ditemui karena maraknya penebangan liar yang bukan hanya pohon hutan saja yang ditebang tapi berbagai jenis pohon yang menghasilkan buah yang bisa dimakan juga ditebang salah satunya pohon rambai ini.



Untuk itulah mari jaga sama-sama hutan kita terutama pohon yang menghasilkan buah yang biasa dimakan sehingga anak cucu kita nanti masih bisa menikmati keberagaman buah lokal nusantara.

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages