Apo Nan Baru !!!

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday 15 December 2019

Bagaimana perempuan Minang bisa mengangkat beban berat di atas kepalanya ?

Kalau sudah ngomongin sumatera barat pasti banyak menemukan banyak hal hal menarik ya salah satunya perempuan minang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mengangkat beban di atas kepalanya  selain Madura dan Bali. 


Tidak hanya di untuk perempuan, laki-lakiny juga biasa mengangat beban berat di atas kepalanya. Tapi uniknya untuk beban berat aja diatas 5 kg biasanya ditaruh di atas kepalanya, uni uni dipadang bisa mengangkat beban diatas kepala mencapai berat 50 kg kalau untuk uda udanya bisa lebih berat lagi. 

Butuh keahlian khusus untuk melakukan itu kalau tidak bisa bisa lehernya cedera. Biasanya mereka melakukannya sejak kecil dengan beban yang ringan ringan terlebih dahulu. Karena sudah kebiasaan mereka tidak ada masalah. 

Untuk mengangkat beban yang berat sampai 50 kg atau lebih biasanya diperlukan bantuan dari temannya satu atau dua orang. Pertama barang yang berat tersebut ditaruh diatas kepalanya, setelah diletakan diatas kepalanya orang itu berdiri secara perlahan, setelah berdiri biasanya barang yang sudah diatas kepalanya diatur agar tidak berat sebelah. 

Ada aturan aturan tertentu yang tidak boleh dilanggar agar tidak cedera leher, pertama lehernya tidak boleh nengok kiri atau kanan untuk menghindari cedera selama membawa beban berat. 

Kedua kalau mau menengok ke kiri atau kanan harus memutar sama badannya semua tidak boleh leher aja. 

Untuk beban kurang dari 5 kg biasanya cuma ditenteng aja tidak sampai ditaroh di atas kepalanya meskipun ada juga yang melakukannya jika dimensi bendanya besar meskipun beratnya ringan. 

Sumbar memang menarik, hal ini berbeda sama di sunda, biasanya mereka kalau membawa barang diletakan dipunggung atu pundaknya atau ditanggung. 

loading...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Your Ad Spot

Pages